fbpx

Mengerikan! Inilah 4 Dampak Negatif Media Sosial Jika Kamu Tidak Berhati-hati!

Dampak negatif media sosial ternyata bisa jadi masalah serius. Apalagi buat pelajar. Sudah banyak penelitian tentang dampak negatif media sosial bagi pelajar lho. Lalu apa hasilnya? Apa saja dampak negatifnya bagi pelajar ya? Ini dia ulasannya buat kamu!

Waspadai 4 Dampak Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

Secara umum, pelajar yang berlebihan menggunakan medsos cenderung terkena dampak negatif seperti:

  • Mengalami Gangguan Kesehatan

Kamu sebaiknya tahu, dengan menggunakan media sosial secara berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Terlalu banyak main media sosial, mata bisa kelelahan, gangguan lambung karena telat makan, dan kekurangan zat besi akibat kurang tidur.

Secara mental, dampaknya bagi pelajar antara lain: motivasi belajar rendah, malas berinteraksi di dunia nyata, lamban, depresi. Akibatnya, kreativitas dan produktivitasnya di sekolah bisa menurun.

  • Mengalami Gangguan Konsentrasi

Susah fokus! Bukannya belajar, tapi malah asyik browsing dan main media sosial. Tidak konsentrasi karena banyaknya distraksi.

Jadi, meskipun belajarnya sendiri, nggak ada teman yang bisa diajak ngobrol, tapi nyatanya sarana belajar seperti laptop dengan jaringan internetnya bisa membuatnya lebih aktif ngobrol di aplikasi chatting, browsing info hiburan daripada pelajaran, atau mencoba menaikkan semangat belajar dengan main game sebelum menyelesaikan tugas sekolah. Hasilnya, kehabisan waktu belajar. Karena hampir 80% waktunya habis untuk interaksi di dunia maya.

  • Percaya Informasi di Medsos Begitu Saja, Malas Riset

Bagi pelajar, data referensi itu penting. Sayangnya media sosial juga punya saluran informasi yang bisa jadi dianggap sudah mencukupi. Banyak pelajar yang saat ini lebih suka menggunakan beragam platform media sosial untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan daripada mencari informasi sama di buku, jurnal, atau catatan. Akibatnya, rawan terkena hoaks.

Selain itu, informasi yang disajikan di media sosial ini, karakter konten dan bahasanya seringkali tidak disesuaikan dengan usia penggunanya. Jadi, kemungkinan besar, bisa kena paparan konten negatif.

  • Mengalami Ancaman Reputasi Dan Privasi

Seringkali pelajar terjebak masalah oversharing. Karena belum bisa membedakan mana yang sebaiknya dipost, mana yang tidak. Akibatnya, reputasinya bisa jadi buruk. Gara-gara memposting konten yang  membuat orang lain tidak menghargai. 

Oversharing terkadang bisa jadi pelanggaran hukum juga. Karena tindakan memposting konten yang seharusnya tidak di share ke publik sehingga terjadi pelanggaran privasi. 

Belum semua pelajar paham informasi pribadi seperti identitas diri dan lokasi pribadi menjadi privasi yang tidak boleh disebarkan sembarangan. Termasuk aktivitas pribadi.

Kesimpulan

Demikian dampak negatif media sosial secara umum juga dampak negatif media sosial bagi pelajar secara khusus. Kamu bisa mengakses detailnya diberbagai jurnal penelitian yang bisa didownload pdfnya. Silahkan share artikel ini ya, supaya teman-teman kamu jadi terhindar dari bahaya Medsos.