fbpx

Langsung Contek! Inilah 11 Jenis Iklan Yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Anda

Iklan! Satu kata yang berhubungan dengan masalah strategi, belanja, investasi, pendapatan, dan keuntungan. Kamu perlu tahu serba-serbi iklan agar campaign mu tersampaikan dan jualanmu nggak asal-asalan dan bisa segera menghasilkan.

Pentingnya iklan menunjukkan pentingnya pemasaran. Tapi sayangnya nggak semua pedagang memahami pentingnya iklan komersial.

Meski sering mendengar, melihat, bahkan membeli produk karena melihat iklannya di media, tapi nyatanya belum semua orang paham mengapa jualan harus menggunakan iklan? Memangnya apa itu iklan? Mau tahu jawabannya? Baca sampai selesai ya!

Inilah 11 Serba-serbi Iklan yang Sering Banget Ditanyakan Orang

  1. Apakah iklan itu sebenarnya?

Pengertian Iklan adalah pesan berisi informasi dan kampanye melakukan suatu gerakan atau penawaran produk dan jasa untuk masyarakat yang disampaikan lewat berbagai media dengan berbagai bentuk seperti iklan teks/naskah, gambar, adlips, atau video.

  1. Apa saja jenis iklan? Dan bagaimana contohnya?

Berdasarkan karakter atau sifatnya jenis-jenis iklan ada dua. Iklan komersial dan iklan non-komersial. Contoh iklan komersial antara lain:

Slogan dan jargon Indomie: “Indomie seleraku”  hidangan dari dan bagi indonesia, minyak kayu putih caplang: buat anak kok coba-coba, kecap bango: “benar-benar kecap” karena rasa tak pernah bohong!

Sedangkan contoh iklan non-komersial bisa dilihat dari slogan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi: Bersama hadapi korona dengan jargon “pakai masker, harga mati! Nggak pakai masker, bisa mati!”

  1. Iklan komersial? Apa itu?

Iklan komersial adalah yang menawarkan produk atau jasa. Tujuannya untuk menghasilkan keuntungan berupa penjualan atau pendapatan. Jadi nggak heran, kalau Iklan ini dibuat sebagai usaha menciptakan atau memenuhi kebutuhan konsumen terhadap suatu produk disertai solusi menarik.

Buat kamu yang ingin memasarkan produk atau jasamu, kenali dua jenis iklan komersial ini! Iklan komersial strategi cocok buat kamu yang ingin bersaing dengan produk kompetitor. Karena dengan iklan komersial strategis kamu bisa membangun merek atau brand kamu dengan menonjolkan keunggulan produk kamu. Tujuan iklan ini adalah untuk mempertahankan konsumen hingga menjadi pelanggan.

Nah, sedangkan untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan, kamu bisa menggunakan jenis iklan komersial taktis dengan mendorong konsumen untuk segera menghubungi dan membeli produk dan jasamu. Iklan ini biasanya menawarkan promo unik yang menarik konsumen sehingga dalam waktu singkat konsumen tertarik dan ingin membeli. Seperti menawarkan promo berupa diskon, poin belanja, atau produk bundling.

  1. Mengapa orang membuat iklan?

Tujuannya adalah mengajak, mengenalkan, menginformasikan, mengingatkan, serta membangun kesadaran. Agar target iklan timbul keinginan untuk mengenal, mengingat, dan menggunakan produk atau layanan setelah terpapar informasi.

Selain itu tujuannya adalah untuk membangun hubungan dengan target iklan.

Beberapa Jenis Iklan yang Sering Kami Temui

  1. Iklan baris

Iklan baris adalah iklan di surat kabar atau koran yang hanya terdiri atas beberapa baris kata atau kalimat saja. Biasanya terdiri tiga sampai lima baris. Harganya ditentukan berdasarkan jumlah barisnya. Jadi, gunakan kalimat efektif yang singkat, padat, dan jelas!

Contoh iklan baris jual barang: “dijual cepat” sepeda lipat polygon 2021, kondisi bekas bagus no minus. Lokasi Solo bisa cek sampai puas! Hubungi No. 0821 0909 8778.

  1. Iklan niaga

Iklan niaga adalah pesan berisi upaya menawarkan produk, barang, dan jasa untuk diperjualbelikan atau disewakan. Tujuannya untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak agar muncul keinginan untuk membelinya.

Umumnya, iklan niaga dikenal dalam dua jenis. Yakni iklan produk niaga yang berfungsi sebagai iklan untuk mengenalkan dan menawarkan barang, makanan, minuman. Dan juga iklan jasa niaga sebagai iklan untuk menarik minat khalayak agar tertarik menggunakan layanan yang dijual!

  1. Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang memanfaatkan kolom di media cetak untuk memuat informasi berbentuk gambar atau naskah, tentang layanan masyarakat, berita duka, pemberitahuan resmi dari badan hukum atau badan usaha, laporan tahunan perusahaan, juga promosi jasa dan penawaran produk.

Contoh naskah Iklan Kolom Produk KPR:

Mudah beli rumah dengan mandiri KPR milenial
Periode program s.d. 31 Agustus 2019
Syarat dan ketentuan berlaku*

  1. Iklan elektronik

Iklan elektronik adalah iklan yang ditayangkan di televisi dan. Mengapa disebut iklan elektronik? Ini karena, media yang dipakai untuk menyampaikan pesan menggunakan piranti elektronik. Yakni televisi dan radio!

Bagaimana bentuk iklan elektronik? Untuk iklan elektronik bentuknya tergantung media elektroniknya. Media iklan elektronik seperti televisi punya kemampuan menyampaikan pesan iklan dalam bentuk gambar atau visual disertai suara!

Misalnya saja iklan susu sapi murni! Untuk menginformasikan bahwa susu berasal dari sapi dengan pakan ternak sehat, maka video yang menggambarkan sapi perah sedang makan rumput segar dari padang rumput yang masih hijau di lingkungan yang sehat bisa ditampilkan!

Sedangkan, media elektronik seperti radio kelebihannya ada pada suara dan efek suara yang menciptakan dramatisasi pesan iklan.

Proses produksi iklan elektronik radio tidak sulit!

Pertama siapkan naskah iklannya! Kedua, siapkan voice over.  Ketiga, lakukan take vocal dan perekaman suara. Selanjutnya edit rekaman suaranya. Jangan lupa terakhir tambahkan efek suara agar menarik perhatian pendengar.

Efek suara yang unik dan menarik dapat memainkan imajinasi sehingga pendengar dapat melihat gambaran yang nyata!

Pada perkembangannya, iklan elektronik ini mencakup iklan internet. Iklan yang disebarkan lewat alat elektronik berjaringan internet seperti smartphone, tablet, dan PC. Ada berbagai bentuk iklan internet antara lain: iklan video, artikel blog dan website, infografis, dan running teks!

  1. Iklan display

Iklan display adalah tampilan promosi jasa atau produk dalam bentuk video, audio, flash, infografis yang dipasang di website atau aplikasi!

Tujuan iklan display adalah untuk menyampaikan informasi produk dan jasa serta slogan merek kamu kepada pengunjung website kamu.

Iklan display biasanya mudah diakses dengan hanya satu kali klik, karena sifatnya sebagai iklan interaktif. Tujuannya, untuk memberikan pengalaman berinteraksi antara brand dengan penggunanya!

Apa Perbedaan Iklan Slogan Dan Poster?

Slogan merupakan moto atau semboyan yang singkat, padat, unik, menarik, dan mudah diingat! slogan adalah prinsip yang menjadi pedoman yang digambarkan lewat kata atau kalimat pendek yang  bisa mewakili pesan yang ingin disampaikan!

Sedangkan poster merupakan plakat berisi narasi dan gambar yang dipasang di berbagai tempat umum. Berikut ini cara membuat poster!

  • Tulis judul unik dan menarik. Pastikan judul ditulis besar dan jelas, dengan font yang mudah dibaca. Sebaiknya letakkan judul di area yang langsung menarik perhatian seperti di tengah!
  • Sertakan call to action yang bertujuan mendorong khalayak untuk mengambil tindakan beli, pesan, sewa, atau memasukkan ke daftar yang disukai, atau mengikuti instruksi.
  • Atur posisi gambar atau simbol agar terlihat dari berbagai sisi dan  jangan terlalu padat. Sebab, bisa membuat orang malas melihat postermu jika berantakan!
  • Buat Deskripsi dengan narasi yang persuasif, yang berkesan atau mudah diingat dan dimengerti dalam sekali baca.
  • sertakan Info kontak yang bisa dihubungi atau detail catatan penting seperti “syarat dan ketentuan berlaku” di bagian akhir atau bagian bawah poster. Jangan lupakan unsur 5w 1 H! Agar informasi poster kamu bisa menjawab berbagai pertanyaan, apa, kapan, mengapa, dimana, dan bagaimana.
  • Pastikan kamu menempel poster kamu di lokasi yang tepat!

Beberapa Contoh Iklan di Media Cetak

Meski sudah tidak sepopuler dulu, namun iklan di media cetak masih menarik untuk dinikmati. Ada yang pendek, ada yang panjang dan dilengkapi dengan gambar-gambar yang keren. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh iklan media cetak yang bisa kamu tiru!

  1. Contoh Iklan kolom

Iklan layanan servis mobil!

“Hyundai datang ke mana saja”

Layanan servis dan pengisian daya kendaraan yang sesuai dengan mobilitas anda, kapanpun, di mana pun.

Hubungi 0 800 1 878 878

Untuk call center 24 jam dan bebas pulsa

*Syarat dan ketentuan berlaku

Iklan ini dilengkapi dengan gambar yang mendukung narasi iklan.

iklan kolom

  1. Contoh Iklan Baris

Jual murah! Tanpa perantara!
Panci presto kualitas jaminan mutu! ukuran sedang!
Cocok buat rumah tangga. Tertarik hubungi No.0567321123

iklan baris

  1. Contoh Iklan Majalah

Beragam Pilihan iklan di majalah berdasarkan jenisnya antara lain:

Halaman utuh, setengah, ganda, atau halaman sampul. Untuk halaman utuh atau ganda biasanya berbentuk artikel advertorial tematik seperti dibawah ini!

  • Contoh Iklan Advertorial

WOW! The New ES Lexus Tampil Lebih Gagah & Elegan Pada Gelaran GIIAS 2021

Lexus siap memperkenalkan The New Lexus ES pada gelaran GIIAS 2021 nanti. Generasi paling baru dari keluarga ES yang tampil jauh lebih gagah dan juga super elegan. Semua ini berkat upaya perubahan pada eksterior maupun interior mobil ini.

Pada Tahun 2013 ini, The Lexus ES pertama kali telah dipasarkan di negara Indonesia sebagai luxury mid-size level sedan dengan berbagai fitur unggulan dan kemewahan khas Lexus.

Di tahun 2018, Lexus ES telah mendapatkan update secara menyeluruh. Upgrade ini membuat statusnya semakin kokoh dengan desain eksterior yang tampil mirip mobil coupe hingga menanamkan teknologi Lexus Hybrid Drive.

Kini, pada ajang pameran otomotif kondang tahunan GIIAS 2021 yang diadakan setelah pandemi mulai menunjukkan tanda-tanda selesainya, Lexus membawa tipe ES generasi yang paling baru nan mengalami perubahan desain serta diwarnai dengan berbagai inovasi teknologi. Semua hal tersebut ada di bagian eksterior serta interior mobil. Semuanya dirancang sesuai tema yang diusung. Yakni Instinctively Refined.

The New Lexus ES, merupakan mobil mewah dengan desain modern. Menghasilkan kenyamanan khas yang ‘lexus banget’ untuk memenuhi kebutuhan profesional dalam setiap kegiatan bisnis Anda. dibekali dengan 4th Generation Lexus Hybrid Drive, serta teknologi Self-Charging Hybrid, keduanya telah disesuaikan sehingga mampu menempuh jarak yang lebih jauh namun bahan bakar tetap efisien, karena itulah The New Lexus ES patut untuk Anda banggakan!

Lexus Hybrid Drive

Pada New Generasi ES ini, Lexus masih membawa DNA Lexus. Yaitu Lexus Hybrid Drive di mana teknologi ini merupakan teknologi pelopor elektrifikasi mobil Lexus, yakni Lexus Electrified. Teknologi yang pertama kalinya muncul pada tahun 2004 dalam rangka peluncuran mobil hybrid untuk pertama kalinya di market barang mewah, yakni Lexus RX400h.

Dari masa ke masa, Lexus Hybrid Drive selalu mengalami pembaruan.  Di mana pembaharuan tersebut menghasilkan dimensi baterai yang lebih kecil, punya bobot lebih ringan, namun masih tetap mempertahankan efisiensi, performa serta kesunyian bagaikan Hybrid Lexus.

The New Lexus ES Termasuk mobil yang akan memakai teknologi Lexus Hybrid Drive generasi keempat. Baterai generasi paling baru tersebut punya kapasitas yang lebih kecil, tetapi performanya begitu wow.

Bahkan, guna memaksimalkan ruang bagasi dan kabin, maka posisi baterai juga telah diposisikan ke bagian bawah kursi belakang. Pemindahan posisi baterai ini juga difungsikan untuk distribusi bobot yang jauh lebih seimbang. Yang keseimbangan ini nantinya akan dapat menunjang driving experience dan tentu saja kenyamanan Anda.

Eksterior

Bicara bagian eksterior, Lexus tetap setia menampilkan kesan yang elegan serta bonafit, melalui tampilan bodi yang tajam. Lexus juga punya 3 lampu depan LED ala Lexus yang semakin menambah kesan gagah dan berwibawa.

Tak hanya menunjang estetika belaka, lampu depan paling anyar dari The New Lexus ES juga ditambahkan beberapa fitur keselamatan seperti Adaptive High Beam System (AHS) serta Adaptive Front Headlight System (AFS) yang keduanya adalah fitur active safety Lexus Safety System+.

Tak hanya itu, Lexus pun memberikan sentuhan tambahan berupa vertical spindle grille yang mempercantik wajah The New Lexus ES dengan menambahkan bentuk ‘L’ kecil. L kecil ini seakan-akan menonjolkan logo mobil Lexus di bagian tengah. Di bagian belakang, Lexus juga menambahkan ducktail spoiler guna menambah performa aerodinamika.

Lexus hadir dengan panjang sekitar 195.9 inci dengan jarak antar rodanya kurang lebih 113.0 inci. Bicara masalah ban, The New Lexus ES telah dipasangi velg berukuran 18 inci. Velg ini dipadukan dengan resonator chamber guna mengurangi getaran dari permukaan jalan.

Interior

Bicara soal interior, The New Lexus EX memiliki 12,3 inch Center Display yang telah dimodifikasi dan telah memperoleh kapabilitas touchscreen. Entertainment System mobil ini juga sudah dilengkapi fitur Apple CarPlay serta Android Auto. Sehingga menggunakan smartphone selama mengemudi bisa lebih aman dan mudah.

Lexus ES juga punya ruang kabin yang paling besar di kelasnya. Dengan jarak kaki di bagian depan 42.4 inci versus bagian belakang 39.2 inci. Selain itu, Lexus si mobil mewah ini ternyata juga dilengkapi dengan Rear Seat Control Panel, Side and Rear Sunshade serta sistem audio premium dari Mark Levinson dengan 17 speaker

The New Lexus ES juga mempunyai satu buah tambahan fitur kenyamanan yakni Nanoe™X Air Purification System. Sistem ini mampu membasmi bakteri, virus serta menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil.

Performa

Soal performa, mobil keren ini bisa dikatakan cukup wow. Dilengkapi dengan mesin V6 4 silinder segaris pada dapur pacunya, The New Lexus ES sanggup mengeluarkan tenaga sampai dengan 215 HP. tenaga ini mampu mendorong 0 hingga 96 km/h hanya dalam waktu 8,1 detik.

Temukan dan rasakan hebatnya The New Lexus ES di Lexus Booth, Hall 3A, GIIAS 2021, tanggal 11 – 21 November 2021, di ICE, BSD.

  1. Iklan katalog

Contoh iklan katalog yang bisa kamu buat!

Iklan Katalog berisi informasi daftar barang dan harga barang, promo hadiah, informasi tanggal, bulan, dan tahun kadaluarsa katalog.

Kini katalog bahkan punya informasi fakta unik juga tips dan trik seperti katalog produk superindo.

  1. Iklan Brosur

Brosur biasanya menulis tentang informasi satu produk dalam satu paket! Jadi, cukup satu iklan produk dalam satu brosur.

Contoh iklan brosur layanan pendidikan!

Biasanya mengandung informasi jenjang pendidikan,

Slogan, info akreditasi sekolah, ekstrakulikuler, jam belajar, prestasi, program belajar, dan informasi pendaftaran!

iklan brosur

Kesimpulan

Dunia iklan merupakan dunia yang sangat luas dan menyenangkan. Sehingga tidak semuanya bisa dijelaskan dengan gamblang di postingan kali ini. Namun demikian kami tetap mengucapkan terimakasih kepada kamu yang udah baca sampai poin ini. Jangan lupa untuk menikmati konten kami yang lain ya