8 Manfaat Silica Gel Untuk Kehidupan Sehari-Hari. Disertai Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Bahayanya [Lengkap]

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan produk yang bernama silica gel. Biasanya, produk ini berwarna putih dan berbentuk kantung kecil bertuliskan Do Not Eat yang didalamnya berisi butiran-butiran seperti manik-manik kecil.

Silica gel sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti saat Anda membeli produk sepatu, tas, alat komputer, alat elektronik, obat-obatan, bahkan saat membeli snack atau makanan ringan.

Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu fungsi, manfaat dan bahaya yang terkandung dalam produk kecil ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

Pengertian Silica Gel

Silica gel adalah butiran berbentuk kecil dan sangat berpori, yang terbuat dari bahan natrium silikat dengan cara sintetis. Meskipun mengandung nama gel, namun produk ini berbentuk padat.

Silica gel diolah dengan cara memurnikan mineral alami menjadi butiran-butiran kecil. Sifatnya sebagai zat pengering, penyerap serta penopang katalis.

Fungsi Silica Gel

Secara umum, fungsi dari gel silika adalah sebagai penyerap lembab. Silika gel dibutuhkan agar kondisi barang atau makanan tidak rusak. Contohnya pada alat elektronik.

Produk ini menjaga alat elektronik yang terbuat dari logam agar tidak karatan karena tingginya tingkat kelembaban dalam kemasan produk tersebut. Pada contoh makanan juga sama, silika gel membantu agar makanan lebih tahan lama (tidak cepat jamuran).

Begitu juga terhadap produk fashion Anda. Fungsi dari gel silika membantu tas, dompet atau sepatu Anda mempunyai umur pakai yang lebih panjang saat disimpan dalam waktu lama.

Jenis Silica Gel

Ada beberapa jenis silika gel yang beredar di pasaran saat ini. Diantaranya adalah silica gel putih, biru dan natural. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda serta mempunyai daya serap yang berbeda pula.

  • Silica Gel Putih

silica gel putih

Silica gel putih atau biasa disebut juga silica white, merupakan tipe silica paling umum dan paling sering digunakan. Bersifat hydropolic, silica gel putih mampu menyerap air yang ada di udara. Silica jenis ini tidak berbau dan tidak berwarna, sangat aman karena tidak mudah terbakar.

Produk ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri, korosi, jamur, serta hubungan arus pendek dalam kelistrikan. Silika gel putih yang berfungsi sebgai bahan pengawet dalam produk kemasan, biasa digunakan dalam industri farmasi, industri kertas, industri mebel, tekstil, kerajinan tangan, alat elektronik dan masih banyak lagi.

Selain digunakan dalam kemasan produk, silica gel putih bisa juga digunakan untuk menjaga kelembaban pada lemari pakaian, kotak perhiasan, laci yang berisi dokumen dan lainnya.

  • Silica Gel Biru

silica gel biru

Penggunaan silica gel biru sudah dibatasi karena kandungan cobalt chloride nya cukup berbahaya untuk kesehatan manusia maupun untuk lingkungan sekitar. Penggunaannya hanya terbatas untuk industri listrik dan permesinan.

Produk yang sering berhubungan dengan manusia secara langsung sudah dilarang. Contohnya seperti penggunaan pada kemasan makanan, obat-obatan, elektronik, fashion, serta produk kebutuhan sehari-hari.

Sesuai dengan warnanya, silica ini berwarna biru. Jika sudah menyerap lembab, warnanya akan berubah menjadi merah muda (pink). Jika sudah berwarna merah muda, silica harus diproses (meregenerasi) agar menjadi biru lagi.

Caranya dengan memasukkannya ke dalam oven dan menghangatkannya hingga berwarna biru lagi. Setelah berwarna biru, produk ini siap digunakan lagi.

  • Silica Gel Natural

silica gel natural

Silica gel natural mempunyai sifat yang hampir sama dengan silica gel putih. Produk ini juga aman untuk manusia. Silica gel natural lebih cocok digunakan untuk produk kemasan industri farmasi berbentuk powder (serbuk), pil atau kapsul, dan juga makanan kering.

Manfaat Silica Gel Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Kegunaan silika gel sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, contohnya sebagai:

1. Pelindung Kosmetik

tas make up bisa dilindungi dengan silica gel

Sebagian kosmetik terbuat dari bahan dasar bubuk. Jika kadar air ruangan tinggi, kosmetik jenis ini akan menggumpal dan rusak. Gel silika dapat melindungi kosmetik kesayangan Anda agar tidak menggumpal dan bisa dipakai lebih lama. Cukup letakkan beberapa gel silika pada tas make up Anda.

2. Pelindung Perhiasan

kotak perhiasan

Udara lembab dapat membuat warna perhiasan emas dan perak kesayangan Anda menjadi kusam. Taruh beberapa kantong silika gel dalam kotak perhiasan agar perhiasan Anda tetap berkilau.

3. Pencegah Bau

Bagi Anda yang suka olahraga, biasanya akan membawa perlengkapan olahraga seperti baju, handuk, alat mandi, bahkan sepatu dalam satu tas khusus. Jika setelah dipakai tidak langsung dijemur, akan muncul jamur dan bakteri dari keringat yang menyebabkan bau tak sedap.

Untuk menyiasatinya, masukkan beberapa gel silika pada tas olahraga, sepatu, lipatan handuk dan baju saat tidak dipakai. Dengan begitu, peralatan olahraga Anda akan terhindar dari bau tak sedap, karena tidak adanya jamur dan bakteri.

Sehingga Anda tetap nyaman saat akan menggunakannya lagi. Tips ini juga bisa Anda gunakan pada lemari pakaian agar terhindar dari gangguan jamur.

4. Pengawet Foto, Buku, dan Dokumen Penting

buku lama agar awet, beri silica gel

Saat ini sudah banyak dokumen bertransformasi dalam bentuk digital, karena pesatnya kemajuan teknologi. Meskipun begitu, tetap akan masih ada dokumen berharga atau foto kenangan yang ingin Anda simpan. Agar tidak rusak, masukkan ke dalam kotak kemudian beri gel silika lalu tutup rapat.

5. Pelindung Kamera

Kamera yang Anda sayangi bisa saja menjadi buram dan rusak jika ada didalam tas dengan kondisi lembab yang cukup lama. Dengan silika gel, hal ini bisa dicegah. Kamera Anda juga jadi lebih awet.

6. Pelindung Makanan Kucing dan Anjing

dispenser makanan kucing dan anjing

Makanan kucing dan anjing bisa menjadi lembab jika sudah dalam kondisi terbuka dan tidak segera dihabiskan. Jika lembab akan mengubah rasa karena dikhawatirkan timbulnya jamur pada makanan.

Selain itu akan menjadikan makanan tersebut tidak renyah lagi. Agar makanan kucing dan anjing tetap lezat, Anda bisa menambahkan 2 kemasan silika gel untuk menyerap kadar air dalam kemasan.

7. Pencegah Karat Pada Alat Otomotif Maupun Pertukangan

kotak perkakas

Setiap rumah pasti mempunyai alat-alat otomotif maupun pertukangan seperti palu, obeng ataupun bor. Supaya lebih awet, masukkan beberapa bungkus gel silika kedalam kotak tempat Anda menyimpan alat tersebut.

8. Penyelamat Ponsel

cara mengatasi hp terkena air

Pernahkah Anda menjatuhkan ponsel kedalam air? Jika belum pernah, jangan sampai ya…

Namun, jika hal ini sampai menimpa Anda, tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda lakukan, pastikan ponselmu dalam kondisi mati, setelah itu masukkan ponsel kedalam wadah penuh berisi gel silika. Diamkan semalaman dan keesokan harinya ponsel Anda akan kering dan siap digunakan lagi.

Cara Menggunakan Silica Gel

Beberapa cara penggunaan sudah dijelaskan diatas, namun untuk info lebih lengkapnya, berikut penjelasannya:

Silica gel putih mempunyai kemampuan daya serap H2O hingga 55% dari berat silica itu sendiri. Sedangkan silica gel natural dapat menyerap kadar air hingga sekitar 35% dari total berat silica itu sendiri.

Untuk penggunaan silika gel sebagai bahan pengawet dalam kemasan, masukkan silika gel yang masih aktif secukupnya bersama dengan barang yang ingin dikemas. Tutup rapat kemasan, pastikan agar tidak ada udara yang masuk kedalam kemasan.

Silica gel yang digunakan untuk mengontrol tingkat kelembaban udara dalam ruang penyimpanan, sebar gel silika ke sudut ruangan. Untuk meminimalisasi udara masuk dari luar, usahakan ruangan selalu tertutup. Untuk melindungi barang yang sangat penting, jika perlu, pasang alat higrometer untuk mengetahui tingkat kelembaban udara pada ruangan tersebut.

Bahaya Silica Gel

Secara umum, silica gel putih dan natural tidak berbahaya bagi tubuh jika tertelan tanpa sengaja. Namun dikhawatirkan bagi anak kecil akan tersedak jika tertelan. Sesuai aturan FDA, kandungan natrium silikat dalam 1 bungkus silika gel tidak lebih dari 5 gram.

Namun baru-baru ini ada berita yang beredar bahwa ada anak kecil mengalami kebutaan karena gel silika yang ia mainkan ternyata meledak. Kasus ini berawal dari silika gel yang ada didalam makanan yang ia mainkan.

Anak tersebut mencampurkan silika gel dengan air dalam botol lalu dikocok. Sesaat kemudian tiba-tiba botol menggelembung dan meledak seketika.

Hal ini terjadi karena kandungan utama pada gel silika tersebut adalah kalsium oksida, dimana akan terjadi reaksi kimia menjadi kalsium hidroksida jika tercampur dengan air. Apalagi ditambah suhu yang tinggi serta adanya tekanan.

Bisa jadi, silica yang dimaksud mempunyai kandungan yang berbeda dengan silica gel putih ataupun natural.

Kesimpulan

Bisa dikatakan, silika gel adalah barang dengan ukuran kecil namun mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Meskipun begitu, jangan biarkan anak Anda bermain dengan produk yang satu ini karena gel silika memang bukan barang mainan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment