Ketahui Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Manfaat Minyak Zaitun – Sesuai dengan namanya, minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang dihasilkan dari olahan buah zaitun. Pada mulanya minyak ini dimanfaatkan untuk memasak agar menambah cita rasa masakan.

Seiring berjalannya waktu, minyak zaitun kemudian dimanfaatkan untuk kesehatan, perawatan wajah hingga bahan bakar pada lampu tradisional. Manfaat minyak zaitun sangatlah beragam mengingat minyak ini memiliki banyak kandungan senyawa yang baik bagi tubuh.

Beberapa senyawa yang terdapat pada minyak zaitun diantaranya adalah vitamin K, vitamin E, omega 3, omega 9, omega 6 hingga zat besi.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir

Memiliki bibir yang sehat dan tampak merah merona mungkin menjadi dambaan banyak wanita. Bagi Anda yang memiliki bibir menghitam bahkan sampai kering tidak perlu cemas lagi.

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan vitamin E dan K yang ada didalamnya terbukti dapat membuat bibit menjadi lebih lembab dan perlahan tampak menjadi merah.

Caranya cukup mudah, pertama mencampurkan minyak zaitun asli dan madu masing-masing 1 sdm pada wadah kecil. Setelah tercampur merata, oleskan pada bibir tersebut, pastikan bibir Anda sudah bersih ya. Lakukan pijatan secara merata agar minyak tersebut meresap dan diamkan sekitar 1-2 menit. Setelah itu, cucilah dengan air hingga bersih.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan setidaknya satu hari sekali. Akan tetapi, apabila hasilnya sudah mulai tampak, kurangi penggunaannya menjadi seminggu 2-3 kali saja.

Menjaga Dan Merawat Rambut

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau menjadi dambaan setiap wanita. Namun hal tersebut terkadang terhalang karena masalah rambut rontok, terlalu kering dan lain sebagainya.

Jika Anda salah satu diantaranya, gunakanlah minyak zaitun untuk merawat dan menjaga rambut agar tetap sehat. Manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat dibuktikan dari kandungan vitamin E yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin dan berkala, rambut Anda nantinya akan menjadi lebih tebal dan beriklai secara alami.

Bulu Mata Menjadi Tebal dan Panjang

Jika Anda ingin memiliki bulu mata yang tebal dan panjang agar tampil maksimal, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun pada bulu mata sampai merata.

Perlu diperhatikan pula ketika mengoleskannya jangan sampai terkena bagian mata ya. Lakukan pada malam hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Minyak Zaitun Menebalkan Alis

Tidak hanya bermanfaat untuk memanjangkan bulu mata saja, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menebalkan alis secara alami. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya akan menjaga kesehatan alis.

Namun, perlu diperhatikan bahwa disini Anda harus menggunakan minyak zaitun yang masih alami. Artinya minyak zaitun yang belum dicampuri oleh berbagai senyawa kimia.

Cara penggunaan pada alis sangatlah mudah. Anda cukup mengoleskannya pada alis dimalam hari sebelum tidur. Biarkanlah hingga besok pagi. Setelah Anda bangun tidur, bersihkanlah sampai benar-benar bersih.

Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus, setidaknya terapkan setiap kali hendak tidur.

Mengecilkan Pori-Pori dan Mengencangkan Kulit Wajah

Minyak zaitun memiliki kandungan zat berupa linoleic acid. Senyawa ini apabila diaplikasikan pada wajah nantinya akan membantu mengecilkan pori-pori. Disisi lain, manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah bisa membantu meningkatkan kelembaban pada kulit wajah.

Tidak hanya itu saja, senyawa linoleic acid juga dapat mencegah munculnya keriput. Kandungan polifenol pada minyak zaitun berfungsi untuk melindungi sel kulit dari kerusakan. Maka dari itulah minyak zaitun sangat cocok untuk mengencangkan kulit wajah Anda.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, tinggal mencampurkan antara minyak zaitun dengan madu alami masing-masing 1 sdm. Aduk hingga merata dan gunakan sebagai masker wajah.

Membuat Wajah Menjadi Lebih Halus

Manfaat selanjutnya dari minyak zaitun adalah membantu menghaluskan wajah. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah kali ini adalah dibuat masker dengan campuran pepaya.

Kandungan enzim papain yang terdapat pada pepaya dipercaya bisa meregenerasi kulit yang mati. Selain itu, beberapa vitamin bisa berfungsi sebagai anti oksidan yang akan memberikan nutrisi pada kulit Anda.

Perpaduan antara keduanya sangat cocok untuk membuat wajah menjadi lebih halus secara alami. Adapun cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah adalah:

  • Haluskan terlebih dahulu buah pepaya secukupnya.
  • Ambil 2 sdm minyak zaitun, kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan masker tersebut diwajah secara merata, hindari bagian dekat mata dan bibir.
  • Tunggulah dalam waktu 30 menit agar kandungan didalamnya meresap kewajah Anda.
  • Setelah 30 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa menerapkan cara di atas minimal 1-2 kali dalam seminggu. Masker diatas juga bisa membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah bersinar.

Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat yang muncul diwajah terkadang memang sangat mengganggu, bahkan tidak jarang menimbulkan bekas. Manfaat dari minyak zaitun untuk jerawat terbukti ampuh untuk menyembuhkannya.

Kandungannya yang berupa polifenol akan membantu mengeluarkan racun dan mencegah terjadinya infeksi. Minyak zaitun asli juga memiliki kandungan antibakteri yang sangat cocok untuk menyembuhkan jerawat.

Menariknya adalah zaitun ini merupakan salah satu jenis minyak non komedo, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Adapun cara menggunakan minyak zaitun untuk masalah jerawat adalah:

  • Ambil sedikit minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian yang muncul jerawatnya.
  • Lakukan pijatan secara perlahan dan lembut, jangan ditekan ya.
  • Pertahankan pijatan tersebut dalam kurun waktu 5 menit saja, kemudian biarkan dalam waktu 15-20 menit.
  • Bersihkan muka dengan kain yang lembut, bersih dan hangat.
  • Ulangi lagi gerakan pijatan tadi secukupnya.

Jika ingin hasilnya maksimal, lakukan cara diatas setiap hari sebelum tidur. Pastikan wajah Anda dibersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit

Kandungan minyak zaitun yang beragam membuatnya dapat diaplikasikan diberbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali untuk mengatasi masalah kulit. Minyak zaitun dapat difungsikan sebagai body lotion pengganti apabila kulit Anda merupakan salah satu jenis kulit kering.

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat membantu menangkal dari serangan radikal bebas. Disisi lain, antioksidan tersebut juga dapat mengurangi terjadinya peradangan atau iritasi pada kulit.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, tinggal ratakan minyak zaitun pada kulit tangan ataupun yang sering mengalami masalah kulit kering.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

minyak zaitun untuk kesehatan

Melancarkan Aliran Darah Dan Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan omega 3, 6 dan 9 pada minyak zaitun asli memiliki fungsi untuk memperbaiki kinerja dari endotel pembuluh darah. Nantinya pembuluh darah akan bekerja lebih optimal dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Disisi lain, kandungan lemak jenuhnya terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita darah tinggi bisa mencampurkan minyak zaitun tersebut ketika memasak.

Manfaat Minyak Zaitun Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Berdasarkan hasil studi dari penelitian yang dilakukan di University of Porto, Portugal, menyatakan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Adapun salah satu antioksidan yang ada di dalamnya adalah DHPEA-EDA yang ternyata dapat menjaga sel darah merah dari kerusakan.

Tidak sampai disitu saja, penelitian yang dilakukan di kawasan Mediterania menambah bukti kuat bahwa minyak zaitun terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Ini dibuktikan dari masyarakat yang tinggal di negara sekitar Mediterania jarang mengalami penyakit jantung karena rutin mengkonsumsi minyak zaitun atau mencampurkannya kedalam masakan.

Kondisi diatas disebabkan oleh minyak zaitun terbukti dapat melindungi LDL dari oksidasi, sehingga nilai LDL tetap rendah. Disisi lain, minyak zaitun juga dapat meningkatkan fungsi dari lapisan pembuluh darah serta mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Mengurangi LDL Dan Meningkatkan HDL

Hampir 80% dari lemak yang ada dalam minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tak jenuh ini akan membantu tubuh dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Disisi lain, ia akan membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Dengan demikian, tentunya peredaran darah menjadi lebih lancar dan tubuh menjadi lebih sehat.

Mencegah Risiko Terserang Kanker

Radikal bebas yang ada disekitar lingkungan Anda bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kanker. Bisa melalui makanan yang dikonsumsi, gaya hidup yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Namun, apabila Anda menggunakan minyak zaitun untuk masak maka bisa mencegah hal tersebut. Kombinasi antara senyawa antioksidan, anti inflamasi serta kinerja dari phenolic dan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun terbukti dapat mencegah dan mengurangi risiko terserang kanker, terutama pada kanker kulit dan kanker payudara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya masyarakat yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki risiko yang lebih rendah terserang penyakit kanker dibandingkan yang tidak.

Pada penderita kanker payudara ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat terlalu banyak. Oleh karena itu diperlukan peran dari lemak baik yang terdapat pada minyak zaitun.

Kandungan asam oleat serta senyawa bioaktif inilah yang menjadi kunci penentu dalam melawan kanker. Sedangkan pada penderita kanker kulit, bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai lotion pengganti sementara.

Minyak zaitun akan melindungi kulit dari serangan sinar UVA ataupun UVB. Dengan menggunakannya secara rutin, maka Anda akan terhindar dari malignant melanoma yang merupakan salah satu jenis kanker kulit berbahaya.

Mencegah Dan Mengobati Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit progresif yang menyerang otak, terutama memori dan fungsi penting otak lainnya. Apabila seseorang terjangkit penyakit ini, maka sel dalam otak akan mengalami kerusakan ataupun penurunan, bahkan paling parah adalah sel menjadi mati.

Kasus ini merupakan kasus yang sangat umum, bahkan berdasarkan data yang ada, di Indonesia sendiri terjadi 2 juta kasus dalam jangka waktu 1 tahun. Namun Anda tidak perlu takut untuk menghadapi masalah tersebut, mengingat minyak zaitun terbukti dapat mengurangi risiko terserang penyakit alzheimer.

Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan, ditemukan senyawa oleuropein aglycone yang merupakan polifenol utama pada minyak zaitun jenis extra virgin 8 minggu. Zat tersebut ternyata memberikan dampak yang bagus untuk memperbaiki kinerja sistem kognitif otak, sehingga bisa terhindar dari penyakit alzheimer.

Bagi orang yang sudah terjangkit Alzheimer ada kemungkinan untuk bisa sembuh apabila mengkonsumsinya secara teratur. Akan tetapi harus melalui konsultasi lebih lanjut dengan dokter terlebih dahulu agar dipantau perkembangannya.

Mencegah Osteoporosis Dan Membuat Tulang Menjadi Lebih Kuat

Terdapat sebuah penelitian yang menggunakan tikus sebagai bahan percobaannya. Dalam percobaan tersebut, dipilih tikus dengan kondisi yang mengalami menopause layaknya kaum hawa.

Penelitian tersebut melibatkan 2 kelompok berbeda, 1 kelompok yang sering diberi minyak zaitun dan 1 kelompok yang tidak diberikan minyak zaitun. Hasil dari percobaan tersebut adalah pada kelompok yang diberikan minyak zaitun mengalami kenaikan kadar kalsium dalam tubuh dibandingkan kelompok yang tidak.

Dari hasil tersebut, kemudian diaplikasikan ke seseorang yang telah mengalami menopause. Hasilnya pun sama-sama menunjukkan hasil yang positif. Bahkan kekuatan tulangnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Menghindari Atau Mengurangi Depresi

Berdasarkan penelitian dari Las Palmas de Gran Canaria dan Universitas Navarra, makanan yang diberi campuran minyak zaitun terbukti dapat mengurangi penyakit jiwa bahkan depresi pada seseorang.

Caranya cukup mudah, tinggal mengkombinasikan antara menu makanan sehat dengan minyak zaitun. Konsumsilah makanan tersebut secara teratur dengan kadar normal.

Membuat Otak Menjadi Lebih Pintar

Nutrisi asam lemak tak jenuh tunggal yang ada pada minyak zaitun dan makanan lain terbukti dapat meningkatkan tingkat kecerdasan umum seseorang. Ada sebuah jurnal yang menuliskan bahwa semakin banyak kadar asam lemak tak jenuh tunggal yang ada didalam tubuh, utamanya dalam darah nantinya akan memberikan dampak yang postifif bagi otak.

Mencegah Terjangkit Stroke

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan di dunia dan persentasenya cukup tinggi. Seseorang bisa terjangkit stroke karena aliran darah yang menuju ke otak mengalami gangguan, yaitu pembekuan darah ataupun pendarahan.

Maka dari itu, untuk mencegahnya Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur. Seperti yang diketahui bahwa kandungan asam lemak tak jenuhnya cukup tinggi, sehingga dapat membantu aliran darah pada otak menjadi lebih lancar.

Cara mengkonsumsi minyak zaitun untuk mencegah stroke adalah dengan mencampurkannya pada menu masakan secukupnya. Konsumsilah secara teratur dan dalam batas yang wajar.

Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Anti Inflamasi Yang Baik

Tidak hanya berperan sebagai antioksidan saja, minyak zaitun juga memiliki kandungan senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi. Tubuh manusia membutuhkan anti inflamasi agar tidak terjadi peradangan kronis yang menyebabkan berbagai penyakit.

Contohnya disini adalah diabetes, arthiritis, sindorm metabolik dan lain-lain. Jenis minyak zaitun extra virgin menjadi salah satu rekomendasi sebagai bahan alami anti inflamasi.

Dengan mengkonsumsinya secara berkala dan kadar yang normal, terbukti dapat mengurangi terjadinya peradangan.

Mengobati Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang ditandai dengan nyeri pada persendian. Penyakit ini disebabkan karena sistem imun dalam tubuh justru menyerang sel normal tanpa sengaja.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, dipercaya dapat mengurangi stress oksidatif pada penderita tersebut.

Cara mengaplikasikannya sangatlah mudah, Anda cukup mengkombinasikan antara minyak zaitun dengan minyak ikan dan konsumsilah secara rutin. Disisi lain, lakukanlah pola diet yang sehat untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengurangi Risiko Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes Melitus Tipe 2 merupakan penyakit yang cukup mengerikan bagi banyak orang. Untuk mencegah terjangkit penyakit tersebut, Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun.

Ada beberapa penelitian yang telah membuktikan bahwa minyak zaitun ternyata dapat menjaga kadar gula agar tetap stabil.

Namun, hal ini harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang sehat pula.

Minyak zaitun memang memiliki kandungan senyawa yang sangat beragam dan memiliki manfaat tak terhingga bagi tubuh manusia, baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Tidak mengherankan apabila harga minyak ini tidaklah murah.

Efek Samping Minyak Zaitun

efek samping minyak zaitun

Secara keseluruhan, minyak zaitun aman digunakan, baik untuk dikonsumsi maupun untuk dioleskan ke bagian tubuh seperti kulit maupun rambut. Namun perlu Anda perhatikan, untuk beberapa kasus, penggunaan minyak zaitun dapat mengakibatkan efek samping seperti:

1. Penyebab Alergi

Alergi yang ditimbulkan bisa berupa gatal-gatal atau kemerahan pada bagian tubuh seperti leher atau tangan. Apalagi jika digunakan dalam jumlah yang tidak semestinya. Hal ini bisa timbul jika dikonsumsi secara langsung maupun dioleskan pada bagian luar tubuh.

2. Penyebab Jerawat

Minyak zaitun termasuk jenis minyak berat yang tidak mudah diserap oleh kulit. Gunakan minyak zaitun saat malam sebelum tidur.

Hal ini untuk menghindari wajah terkena debu atau kotoran setelah Anda menggunakan minyak zaitun. Karena debu dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

3. Penyebab Turunnya Gula Darah

Bagi seseorang yang mempunyai kadar gula darah tinggi, mengkonsumsi minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk menormalkan gula darah. Namun bagi Anda yang mempunyai gula darah normal, apalagi cenderung rendah, harap berhati-hati.

Minyak zaitun dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara berlebih dapat mengganggu kesehatan, seperti tubuh gemetar, berkeringat dan lemas.

4. Penyebab Diare

Minyak zaitun mempunyai sifat pencahar yang lumayan kuat. Hal ini karena kandungan lemak yang tinggi pada minyak zaitun. Jadi jika diminum dalam jumlah banyak, bisa jadi sistem pencernaan tidak mampu mencerna dengan baik. Akibatnya, bisa terjadi diare.

5. Tinggi Kalori

Taukah Anda bahwa 8 ons minyak zaitun sama dengan kebutuhan kalori selama sehari. Sama seperti minyak dan lemak lainnya, minyak zaitun sebagai sumber kalori, mampu menambah berat badan jika dikonsumsi terlalu banyak.

6. Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Jika kita membeli minyak zaitun, kita tidak tau kandungan bahan kimia yang terkandung didalamnya. Ibu hamil dan menyusui sangat sensitif terhadap beberapa produk makanan.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi tanpa anjuran dokter, karena dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan janin ataupun bayi.

7. Pasien Hendak Operasi, Dilarang Konsumsi Minyak Zaitun

Untuk pasien yang hendak menjalani operasi, jangan mengkonsumsi minyak zaitun mulai 2 minggu sebelum operasi. Hal ini karena minyak zaitun dapat berpengaruh terhadap tekanan gula darah selam operasi.

Kesimpulan

Anda tentu lebih waspada setelah mengetahui efek samping penggunaan minyak zaitun. Namun jika Anda menggunakan minyak zaitun sesuai tips berikut ini, Anda akan mendapatkan manfaat dari minyak zaitun:

  • Konsumsilah minyak zaitun sesuai dengan anjuran yang disarankan (maksimal 3 sendok makan tiap harinya).
  • Usahakan tidak menggoreng atau membuat tumisan dengan minyak zaitun. Jika dicampur dengan masakan, baiknya dicampur setelah masakan matang.
  • Gunakan minyak zaitun hanya jika diperlukan dan secukupnya saja.
  • Untuk ibu hamil dan menyusui, harap konsultasi terlebih dulu pada dokter spesialis kandungan.
  • Lebih aman menggunakan minyak zaitun untuk tubuh bagian luar. Contohnya seperti digunakan pada bagian wajah atau rambut. Jika ingin dikonsumsi, cobalah sedikit demi sedikit. Seperti 1 sendok makan dulu setiap hari.

Terapkanlah gaya hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Selalu ingat kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu untuk keluarga Anda!

Leave a Comment